10 Hari belajar Autocad 3D #3 - Cara menggunakan UCS dan Perintah Extrude / Presspull

Monday, April 18, 2016
Alhamdulillah, kita sudah sampai di Hari ke-3 dalam 10 hari Belajar Autocad 3D yang kita rencanakan.
Dalam pertemuan kali ini kita akan Memanfaatkan UCS untuk memudahkan kita dalam menggambar Object 3D.

UCS (User Coordinate System)

UCS adalah sebuah Sistem Koordinat relatif yang kita bisa atur untuk memudahkan menggambar 3D.

Kemaren kita sudah lihat penampakannya, seperti dibawah ini:


Kamu bisa lihat Panah dengan huruf X menandakan Arah Sumbu X, dan Panah dengan huruf Y menandakan Arah sumbu Y. sedangkan keatas adalah Sumbu Z.

Ini adalah posisi normal, nanti sewaktu menggambar kita bisa putar-putar UCS sesuai kebutuhan.
Coba lihat, Ini juga tampilan UCS, Sumbu X dan Y terlihat jelas, namun sumbu Z disembunyikan.


kalau saya pribadi, biasanya pakai tampilan yang ini, karena lebih mudah membedakan sumbu X dan Y / Z

Prosedure Perintah UCS 

Untuk menggunakan UCS, ketikkan UCS [enter] maka akan muncul banyak pilihan yang bisa kamu pergunakan.

Command: ucs

Current ucs name:  *WORLD*
Specify origin of UCS or [Face/NAmed/OBject/Previous/View/World/X/Y/Z/ZAxis]
<World>:

Baiklah akan saya jelaskan satu persatu,
UCS > langsung klik pada titik tertentu : maka Origin UCS akan berpindah mengikuti titik yang kita tentukan.
UCS > F [enter] > klik pada face object, maka UCS akan berpindah dan berputar mengikuti lokasi dan Arah face Object tersebut.
autocad - UCS face

UCS > NA [enter] > digunakan untuk menyimpan posisi UCS saat itu. Hal ini memudahkan kalau kita ingin kembali pada posisi UCS semula.
UCS >OB [enter] > digunakan untuk memindahkan UCS mengikuti arah suatu object.
Autocad UCS OB

(biasanya digunakan dalam operasi 2D - membuat garis serong /  atap rumah / gedung )
UCS >P [enter] digunakan untuk mengembalikan posisi UCS sebelumnya.
UCS > V [enter] digunakan untuk memposisikan UCS pada posisi View layar pada saat perintah ini dilaksanakan.
(biasanya digunakan dalam perintah SOLPROF - merubah object solid 3D menjadi 2D - Isometric view)
UCS > W [enter] digunakan untuk mengembalikan posisi UCS pada posisi Default, Bisa juga dengan mengetik Perintah UCS [enter] [enter]
UCS > X / Y / Z digunakan untuk memutar UCS mengikuti sumbu X atau Y atau Z
UCS > ZA [enter] digunakan untuk memindahkan UCS mengikuti suatu Sumbu Z yang kita tentukan.

Banyak sekali ya, hh... wala u gak semua sering digunakan namun, pada saatnya mungkin berguna.
kalau saya malah lebih sering menggunakan pilihan saya sendiri, lho kok bisa? hh...

Kalau saya sering menggunakan Pilihan sbb:
UCS > G > F [enter] untuk menggambar dari arah depan.
UCS > G > R [enter] untuk menggambar dari arah kanan.
UCS > G > L [enter] untuk menggambar dari arah kiri
UCS Orthogonal

selain itu saya juga sering menggunakan pilihan 3 titik
UCS > 3 [enter] untuk memposisikan UCS mengikuti titik-titik yang saya tentukan.

Ya, memang ada banyak sekali pilihan, namun percayalah, dengan menguasai UCS maka akan sangat membantu kita dalam menggambar 3D.


Membuat Object 3D menggunakan Perintah Extrude / Presspull

Tempo hari kita sudah mencoba Perintah EXTRUDE dengan membuat Huruf H.
Hari ini kita akan membuat beberapa Object menggunakan Perintah EXTRUDE / PRESSPULLini.

Perhatikan Object Dibawah ini:
Autocad Perintah Extrude

Ya, Diatas adalah Object sederhana yang akan kita buat modelnya.
Cara Pengerjaannya Sbb:

1. Buat dulu Sketnya seperti yang kamu lihat disebelah kiri. Setelah itu Ubah View menjadi SW Isometric.

2.Kalau sudah jadi, coba ketik perintah EXTRUDE dan Pilih sket yang baru kamu buat. Apa yang terjadi..? kenapa tidak bisa menjadi Object 3D seperti latihan Huruf H kemaren?

Hal ini karena perintah EXTRUDE hanya bisa digunakan pada Object Polyline tertutup, sedangkan kita membuat Sket dari beberapa Line (bukan Polyline).
Bisa saja Line-Line tersebut kita ubah menjadi Polyline menggunakan perintah  PEDIT (Poly line Edit), tapi hal ini akan makan waktu.

Cara paling cepat adalah menggunakan perintah PRESSPULL.
Perintah Presspull mempunyai fungsi yang sama dengan perintah Extrude, dengan kelebihan yaitu Presspull mampu mendeteksi area yang harus diberikan ketebalan.

3. Ketik PRESSPULL atau Klik Toolbar Presspull.
Perintah Presspull - Autocad

Klik pada area didalam Object > tarik keatas dan Ketik 30
kalau sudah jadi seperti ini penampakannya:
menggunakan perintah presspull autocad


Jadi juga, hh...
Lho, tapi posisinya masih kurang benar, harus diputar supaya benar.

4.  - Ketik UCS > G > L [enter] untuk merubah posisi UCS Left
Autocad UCS left

  - Putar menggunakan Perintah ROTATE > Pilih Object dan Ketik sudut putarnya sebanyak -90
perintah Rotate Autocad

 - Kembalikan UCS ke posisi default menggunakan Perintah UCS [enter] [enter]
Autocad UCS default

 - lalu putar lagi Object menggunakan Rotate sebanyak -90 derajat.




Akhirnya Jadi deh, hh....

Tinggal buat Lubang bulat. diposisi miringnya. bagaimana cara Buatnya?

5.  - Caranya Ubah dulu posisi UCS menjadi sejajar face miring menggunakan perintah UCS > F > Klik pada Bidang miring pada object.

 - kalau sudah buat sebuah garis bantu yang memudahkan kita menangkap titik tengah dari Bidang miring.
membuat lubang pada bidang miring autocad

 - Buatlah sebuah Lingkaran diameter 15mm
menggunakan UCS dalam autocad

- Extrude dan berikan nilai -5 ( hal ini supaya ketebalannya mengarah kedalam Object). Lingkaran yang tadi kita buat sekarang menjadi bentuk Cylinder sesuai Lubang yang mau kita buat.
menggunakan UCS untuk mempermudah menggambar 3D

Nah, Object Cylinder inilah yang kita gunakan untuk mengurangi Object utama, istilahnya Substract. sehingga Object Utama menjadi berlubang.

6. Untuk membuat Lubang, kita tinggal mengurangi Object Utama menggunakan Object Cylinder yang baru saja kita buat.

- Ketik perintah SUBSTRACT atau Klik tombol Substract
menggunakan perintah Substract dalam autocad

- Klik Object Utama > Spasi > Klik Object Cylinder > Spasi

Akhirnya Jadi juga, hhh....
Panjang juga ya.. silahkan dicoba-coba. materi latihan bisa kamu download di member area draftercad.com
trims, Wassalam..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
18 April 2016 at 17:32 delete

wah.... mantap om... sangat membantu sekali....
mau tanya nih.... referensi ketebalan dari lingkaran y??

Reply
avatar
zaenal Arifin
AUTHOR
19 April 2016 at 06:32 delete

sama-sama, maksudnya gimana ya? Lingkarannya diextrude dengan ketebalan 5mm. karena extrude kedalam nilai yang diberikan jadi -5.
trims

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13 June 2017 at 10:09 delete

Sy masih gagal faham tentang ucs dan wcs nya..trus sm rotate ny..pas sy rotate hasil ny ad yg tertinggal gitu..makasih

Reply
avatar
zaenal Arifin
AUTHOR
6 July 2017 at 03:46 delete

hh.. iya, memang agak ribet ya...
Autocad sebenarnya sudah menyediakan cara yang lebih mudah : yaitu menggunakan Dynamic UCS.
kalau untuk proses rotate, ada juga Rotate3d, yg bisa digunakan tanpa harus memikirkan posisi UCS.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13 September 2017 at 12:14 delete

cara ganti panah koordinatnya gmna kk ?

Reply
avatar
zaenal Arifin
AUTHOR
13 September 2017 at 15:00 delete

Dari menu bar Autocad, klik View > Display > UCS icon > Properties.
dari situ kamu bisa pilih2 tampilan yg kamu inginkan..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 October 2017 at 11:28 delete

Mas saya mau nanya, saya biasa command ucs -n-enter utk memindahkan ucs sesuai ke inginan kita, tapi pagi tadi saat saya command tersebut tidak berfungsi kenapa ya mas, barang kali tau problemnya

Reply
avatar
zaenal Arifin
AUTHOR
25 October 2017 at 21:13 delete

gak ada masalah, perintah UCS > N masih bisa digunakan.
selain perintah UCS apa perintah lainnya juga ada masalah?
coba cek di settingan acad.pgp
trims..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6 November 2017 at 16:46 delete

Terima kasih banyak artikelnya, saya sekarang jadi paham fungsi UCS

sangat bermanfaat sekali ilmunya mas hehehe

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 February 2018 at 17:16 delete

kalo seandainya lubangnya lurus kebawah tidak ikut face caranya gimana ya om?

Reply
avatar
zaenal Arifin
AUTHOR
23 February 2018 at 21:44 delete

UCS nya taruhnya dibawah (alas) baru ekstrude keatas.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
10 April 2018 at 18:56 delete

mas ko pas saya subtract lingkarannya malah hilang yah

Reply
avatar
Tuliss
AUTHOR
13 May 2018 at 00:52 delete

om itu gambar sket 2D nya pake menu apa?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30 November 2018 at 13:27 delete

Pak saya masih kurang paham UCS>G>L itu apa.. saya coba keik dikomen UCS>G>L tapi kok ga bis ya???? Mohon penjelasannya. Terimakasih

Reply
avatar